7 Cara Pemula Dalam Membangun Sebuah Blog Agar Efektif


Hallo Guys, Dalam Dunia blogger bisa di jadikan ladang dalam mencari uang secara gratis, namun, banyak dari mereka yang membuat kesalahan sehingga berhenti untuk menjadi blogger, kunci utamanya adalah jangan berhenti menulis, dan niat kalau suatu saat traffic blog akan meningkat

Lalu bagaimana caranya belajar blog untuk pemula, ikuti lah dan baca artikel ini hingga selesai. Karena harus paham betul dalam membuat sebuah blog untuk meningkatkan traffic
Setelah mengetahui cara membuat blog, dengan platform blog apapun, perlu dipahami bahwa membuat blog bukanlah sebuah proses singkat. Akan tetapi, membuat blog adalah proses dimana kontruksi dan elemen blog disusun sedemikian rupa sehingga terbentuk sebuah appearance dan isi dasar yang siap ditampilkan untuk pembaca/pengunjung, setidaknya ada beberapa tahap dalam mempersiapkan pembuatan blog :
  • Menyusun nama domain yang unik yang belum ada satu pun yang memilikinya. Mendaftarkan domain tersebut ke penyedia layanan blog/atau yang langsung di-hosting sendiri.
  • Melakukan proses verifikasi dan akhirnya sampai pada terbuatnya url blog; yang berarti sebuah blog telah lahir.
BERIKUT LANGKAH  LANGKAH UNTUK PROSES PEMBUATAN BLOG BAGI PEMULA

1. Fokuslah pada konstruksi blog terlebih dahulu, jangan berfikir tentang traffic/pengunjung. Jika perlu set akses blog ke private dimana hanya anda yang dapat mengaksesnya.

2. Carilah theme/template yang sesuai keinginan sekaligus memenuhi kriteria yang sesuai dengan topik blog yang hendak diusung (termasuk personal blog). Pada proses ke depannya, akan sangat mungkin bregonta-ganti template. Namun, akan lebih baik jika hal itu diminimalisir, atau setidaknya hanya dilakukan pada tahap awal. Selanjutnya, blog telah siap melangkah dengan template yang sebelumnya telah diuji coba dan dipilih. Saat ini telah banyak template/theme berkualitas premium dan gratis.

3. Pilih dan pilah widget yang
akan dipasang. Fokuskan pada penggunaan widget yang fungsinya jelas, seperti untuk alat navigasi, komunitas (follow) dan statistik (traffic/visitor/pageview). Sebenarnya sangat wajar untuk mencoba berbagai macam widget (namanya juga penasaran dan ingin melihat hasilnya, ya kan?), tapi perhatikan benar fungsinya. Hindari widget-widget pemanis yang sebenarnya tidak penting,  alih-alih justru menambah berat blog dan membuat pengunjung terganggu. Seringkali saya disambut dengan widget/plugin pop up window berjenis javascript ketika berkunjung ke suatu blog: "Halo, tuliskan namamu, umurmu, jenis kelaminmu?" Pertanyaan saya, "Pentingkah itu?" Saya merasa sangat terganggu, karena yang saya butuhkan adalah membaca artikel blog, bukan mengikuti sensus penduduk. :) Hindari widget-widget semacam itu.

4. Jika perlu, buat blog baru yang berfungsi sebagai laboratorium untuk melakukan uji coba template dan widget, sehingga jika dirasa sudah pas, tinggal dipasang di blog utama.

5. Sembari melakukan langkah-langkah di atas, buat posting secara berkala. Santai saja, tidak usah terburu-buru. Menulis dalam keadaan rileks dan pikiran jernih dapat menghasilkan tulisan yang berbobot, sesederhana apapun topiknya.

6. Sebuah blog adalah wahana untuk menampilkan wacana, pastikan blog telah memiliki artikel yang cukup sebelum dilemparkan ke khalayak luas. 5-10 artikel saya kira sudah cukup untuk menjadi awal pembuka perkenalan seorang blogger dan blognya.

7. Waktu satu hingga dua bulan bukanlah waktu yang lama untuk membuat fondasi blog yang benar-benar kokoh. Tanamkan pemahaman bahwa segala proses di atas tidak dapat dilakukan dalam satu dua hari. saja Jika dianalogikan sebagai rumah yang hendak di bangun, maka haruslah dipastikan apakah fondasi yang disusun benar-benar kuat dan siap ditumpuk dengan material bangunan yang lain, dan itu membutuhkan waktu yang tidak bisa dibilang instan.

Nah itulah 7 Cara Dalam proses pembuatan Blog Bagi pemula, jika ingin traffic tinggi dan meningkat, kuncinya adalah janganberhneti menulis dan sabar,