15 Cara Tips Dasar Membangun Sebuah Blog agar Cepat Naik Traffic

TIPS DASAR MEMBANGUN BLOG (EXTERNAL STEP)
Setelah fondasi yang ditanam di dalam tanah sudah dipastikan cukup kuat, maka sekarang adalah saatnya untuk membangun dinding hingga atapnya, bagian-bagian yang telah tersentuh udara bebas. Tahap ini banyak meliputi hal-hal eksternal dimana blogger mulai bergerak untuk mempromosikan/memperkenalkan blognya ke khalayak umum.

1. Bertandanglah ke blog-blog lain, berkenalan, dan berkomentarlah sebanyak-banyaknya. Prioritaskan pada blog-blog yang juga masih baru. Mengapa? Kemungkinan mendapat respon dan kunjungan balik akan jauh lebih besar dan cepat. Penyikapan dari blogger lain yang memiliki kondisi sama  akan lebih nyambung karena interaksi yang terjadi lebih seimbang. Akan sangat sulit untuk mendapat kunjungan blogger-blogger senior yang notabene memiliki kesibukan yang sama pula bersama dengan blogger-bloger sepantarannya. Bukan berarti untuk membeda-bedakan, akan tetapi jika dianalogikan, apakah anda akan bertandang dan bermain dengan anak SMA ketika anda masih kelas 6 SD? Tentu saja menuntut blogger-blogger yang sudah bertaraf semacam itu tidak bisa dibilang sebagai hal mudah. Semua ada tahapnya seperti ketika menaiki anak tangga. Menaiki lima anak tangga sekaligus justru beresiko besar dan jmenghilangkan bagian proses yang seharusnya dilalui dalam bersosialisasi dan belajar.

2. Berkomentarlah dengan isi yang berkualitas. Mengapa? Karena isi komentar yang berbobot akan lebih menarik perhatian daripada yang asal-asalan. Berilah pendapat dalam suatu artikel atau bertanyalah hal-hal yan dapat memancing pemilik blog untuk berantusias menjawabnya. Dengan cara seperti ini, kunjungan balik akan memiliki presentase kemungkinan yang cukup besar. Hindari komentar-komentar yang hanya "asal jeplak",  karena kualitas anda sebagai blogger baru juga dinilai dari faktor itu. Hal ini juga akan menarik minat blogger-blogger senior untuk lebih mempertimbangkan kehadiran anda.

3. Setelah mulai berkenalan dan bersosialisasi dengan sesama Blogger, mulailah pula melakukan tahap-tahap memperkenalkan blog ke search engine dan meningkatkan SEO-nya, baik secara on-page maupun off-page. Seorang bloggger yang ingin blognya ramai pengunjung tidak dapat mengandalkan pengunjung dari hasil blogwalking saja. Oleh karena itu, tahap ini mulai menjadi langkah yang sangat penting dan harus secara konstan dilakukan.

4. Salah satu cara untuk memperkuat SEO dan indeks search engine adalah dengan dengan rajin berkomentar di blog-blog seperti cara sebelumnya. Berkomentar juga lah di blog-blog dofollow. Gunakan url blog sebagai link dan nama blog sebagai nama komentator (anchor text) ketika mengisi form identitas komentator. Sekali lagi, saya tegaskan, berkomentarlah dengan komentar yang berkualitas karena hal itu juga akan dipertimbangkan oleh search engine. Untuk blog baru, optimalkan membangun link homepage blog terlebih dahulu daripada link halaman lain (posting).

5. Daftarkan blog dan artikel ke situs-situs direktori dan social bookmark. Hal ini akan menambah visibilitas blog beserta halaman-halamannya.

6. Mulai aktiflah mengikuti forum-forum blogger maupun forum umum. Buat posting dengan topik/wacana tertentu. Pastikan link blog tercantum pada bagian posting tersebut sebagai sumber dan identitas. Posting tidak harus berupa artikel yang menjelaskan sesuatu, namun bisa juga berupa pendapat, pertanyaan, dan segala sesuatu yang membutuhkan respon. Situs forum blogger di indonesia misalnya adalah indonesia-blogger.com dan www.planet-blog.com. Untuk direktori international, contohnya adalah technorati.com (lihat pula direktori-direktori blog lain di bagian footer widget blog ini).

7. Teruslah berburu direktori-direktori  blog/website dan social blookmark. Gunakan search engine sebagai alat pencarian yang terbukti efektif.

8. Perluas jaringan dan popularitas blog dengan menggunakan social media seperti Twitter dan Facebook. Anda dapat mempublish artikel, menggaet follower dan fan (likers), berpromosi, dan memperluas  jangkauan komunikasi. 

9. Tetap terus membuat posting. Kekayaan dan sumber daya blog adalah artikel. Tapi jangan memaksakan diri untuk menulis sebanyak-banyaknya. Menulislah dengan bermodal mood dan semangat. Artikel yang berkualitas dan original akan banyak mendapat kesempatan untuk mendapatkan linkback dari blogger lain yang meng-copas-nya. Jika tidak ada link sumber, mintalah. Ini untuk originalitas dan kredibilitas blog serta untuk meningkatkan popularitas dan visibilitas blog.

10. Lakukan analisis kecil-kecilan (besar-besaran juga tidak apa-apa ding), terhadap traffic blog; baik dalam  hal jumlah pageview maupun visitor. Gunakan fitur statistik blog yang telah disediakan peyedia layanan blog (platform) ataupun situs lain dimana widget traffic/visitor/pageview telah terpasang sebelumnya. Perhatikan perkembangannya dan lihat apakah ada peningkatan atau tidak.

11. Cek juga kondisi blog di search engine (Google) melalui Google Webmaster Tools dan atau Google Analytics.

12. Daftarkan blog ke Alexa untuk mengetahui kemajuan peringkat (rangking) traffic blog.

13. (Opsional) Jadilah guest blogger (penulis tamu) pada blog-blog yang menawarkan.

14. Langkah nomer 1 hingga 12 adalah langkah yang simultan dan harus dilakukan secara kontinyu selama anda ingin blog terus memiliki perkembangan; baik dalam hal kualitas, popularitas, traffic, dan finansial (bagi yang me-monetize-kan blog).

15. Sabar dan menikmati proses.